Teruntuk Bapak dan Ibu Guru

Pak Guru,
Maafkan aku
Tugas darimu tak kunjung kuselesaikan
Kulirik saja tidak
Mengapa pula kau tambah penderitaanku hari ini?

Ibu Guru,
Maafkan aku
Nasihatmu tak juga merasuk
Kudengar saja tidak
Lelah aku dengan keharusanmu
Aku ya aku
Terserah aku

Pak Guru,
Maafkan aku
Waktuku lebih tersia-sia
Tuk bertukar sapa
dengan kawan dunia maya

Ibu Guru,
Maafkan aku
Ajaranmu tak lagi kukenakan
Membaca buku untuk apa kuacuhkan
Gincu dan param rupanya lebih menarik perhatian

Maafkan muridmu yang tak tahu diuntung ini

Namun zaman memang tak lagi sama
Pena kami hilang entah ke mana
Pustaka tak lagi dirasa berguna
Yang kami genggam sudah berbeda
Bukan doa dari keluarga
Namun gosip mutakhir dari kelas tetangga


Kulon Progo, sekitar tahun 2015

Komentar

Postingan Populer