Meraba Masa Depan

Hmmhh...
Masa depan emang misteri banget. Kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi esok hari, dua jam ke depan, bahkan tiga detik dari sekarang. Mau nggak mau kita harus siapin dari sekarang.

Aku bukannya mau ngomongin masa depan dalam lingkungan religi; yang mana kita harus selalu beribadah dengan betul-betul kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita nggak tahu bakal mati kapan. Bukan juga dalam lingkungan asmara; yang mana kita harus tahu bibit, bebet, bobot calon pendamping hidup. Tapi masa depan yang sangat amat pelik (menurutku, saat ini), yaitu (musti di-bold, underline, italicmau ngapain setelah lulus SMA?

Bagi pelajar SMA kelas akhir seperti aku ini, pasti pertanyaan ini amat sangat membayangi. Ia datang ketika kamu makan, menyusup ketika kamu nyenyak bermimpi, mengintip ketika kamu mandi... Mau nggak mau aku harus membagi pikiran antara persiapan lulus SMA dan kegiatan setelahnya.

Pilihan jawaban standar yang biasanya ada ketika pertanyaan tersebut mengudara yaitu 1.Kuliah, 2.Kerja, 3.Kawin. 3K! Tapi, tentu saja pilihan terakhir langsung aku eliminasi. Nggak seru bingits, kan, kalo usia produktif dan pikiranmu masih kreatif cuma dibuat ngurus keluarga?! Masa sih, mau melepas kebebasan secepat itu? Ya jangan kelesss..

Tinggal 2 pilihan. Kuliah atau kerja? Jujur, aku sih nggak masalah sama keduanya. Kuliah? Oke aja kalo lulus tes. Kerja? Oke aja kalo ada lowongan. Masalahnya adalah... Adakah lapangan kerja yang mau nerima lulusan SMA jurusan IPA yang IPA-nya nggak jago-jago amat kaya aku?! Jarang.. Kalo mau langsung kerja sih enaknya dari SMK. Sayang, aku dulu nggak boleh masuk SMK. Mengapa oh mengapaaa...

Mau kuliah? Oke aja kalo keterima di perguruan tinggi sesuai keinginan. Gagal di jalur Undangan? Masih bisa lewat SBMPTN. Gagal lagi? Masih bisa jalur Mandiri di PTN masing-masing. Masih gagal? Usaha di jalur tes PTS atau PTK yang gelombangnya banyak banget. Gagal lagi? Yah.. Anda belum beruntung. Coba lagi.. tahun depan.

Tapi masalah yang lebih membingungkan daripada keterima atau nggak di perguruan tingginya itu adalaaaahh... mau masuk jurusan apa? fakultas apa?

Di postingan yang lalu yaitu INI aku mengutarakan kebingunganku sama cita-cita sendiri. Terus sekarang apakah daku udah nemu? Hm.. aku masih meraba-raba, sih.

Aku pengen kerja di penerbitan. Kayaknya seruu :3 Penerbitan buku, novel, majalah, koran, apapun deh! Jadi redaksi, editor, penulis, proofreader, atau tukang bikin kopinya juga nggak apa-apa buat permulaan ._. Tukang bikin kopi juga halal kok. Apalagi kerjanya di penerbitan; yang artinya dekat sama buku. Yap, karena aku suka baca buku!

Kalo nggak, ya kerja di perpustakaan. Biar apa? Tetep. Deket sama buku! Kan jarang tuh, ya, lulusan Ilmu Perpustakaan sekarang? Kali aja peluangku masih banyak.

Atau, kerja di media boleh juga. Koran juga media massa. Atau di media elektronik, hmm.. bolehlah. Jadi jurnalis? Hm.. Cuman sayangnya aku nggak ngerti bidang broadcasting ._.

Tapi. Terkadang keinginan tidak sejalan dengan kenyataan. Kakek, nenek, dan ortu ngebebasin pilihanku. Aku boleh ngelanjutin ke mana aja, terserah aku. Tapi.. Tiap aku menyatakan keinginanku untuk ke jurusan ini, malah ada yang dilarang. Loh? Katanya bebas?

Aku disuruh ngelanjutin ke bidang kesehatan. Soalnya prospeknya bagus. Banyak peluang, pasti kerja. Apalagi aku punya banyak channel kalo masuk bidang kesehatan, pasti keterima deh! Ibu kerja di apotek, tanteku dokter dan buka klinik sendiri. Apalagi ketambahan adikku yang lagi sekolah kejuruan farmasi. Tambah lengkap! Tapi kadangkala.. Kalo kita dikasih kemudahan, biasanya malah nyari yang susah. Emang kampret, sih. Tapi ya mau gimana? Aku nggak suka kesehatan. Nggak suka. Nggak mau. Nggak asyik. Nggak mau aku masuk bidang itu, meskipun ada buku-bukunya juga (?)

Aku bilang mau nerusin ke Sastra. Tapi nggak boleh sama Nenek. "Ngapain masuk sastra? Cuma jadi sastrawan.". Loh? Sastrawan kok cuma, sih? Masuk sastra nggak cuma belajar nulis keles, Mbah. (Coba aku bisa bujuk beliau T.T) Masuk Sastra Indonesia kan nggak cuma belajar sastra, tapi juga belajar bahasa. Kan ada peluang kerja di penerbitan buku :3 Apalagi kalo masuk Sastra Inggris, kita nggak cuma belajar sastra dan bahasa tapi juga belajar budaya mereka. Kali aja kan aku malah jadi Menteri Luar Negeri atau Duta Besar :3

Terus, lain waktu, aku bilang mau nerusin ke Ilmu Perpustakaan. Sama Kakek nggak boleh. Katanya, "Ngapain? Cuma bersihin debu dari buku-buku doang." Astaga.. Saaabaaar. Sabar. Buku di perpustakaan kan nggak cuma ditata asal. Pasti ada ketentuan buat ngaturnya kan. Iya, aku pernah baca novel tentang itu. Judulnya, Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken. Di situ diceritain kalo buku-buku di perpus itu disusun pake perhitungan Klasifikasi Desimal Dewey. Entah, aku juga belum begitu tau itu apaan. Makanya aku tertarik masuk ke Ilmu Perpustakaan. Tapi sayang, PTN di Jogja yang menyediakan jurusan ini cuma UIN.

Habis akal nyuruh aku ke bidang kesehatan, beliau-beliau nyuruh aku masuk Teknik Informatika. Lha? Dipikir gampang apa? Ngotak-atik jaringan komputer aja belum pernah. Mreteli mouse aja belum pernah. Pake software di komputer aja sebatas internetan, ngetik tugas, dan main Spider Solitaire.. Aku ini masih termasuk gaptek, Pak, Bu, Mbah.. Tolong, deh -_-

Gagal maksa aku, mereka belok nyuruh ke Ilmu Komunikasi. Ya keles. Ngomong sama tetangga aja aku jarang, gimana mau ke Ilmu Komunikasi? Jujur aja ya, aku lebih bisa berkomunikasi dengan media daripada langsung. Gampang gugup. Kalo di twitter mah, cerewet. Kalo ketemu langsung, .............hening. Tapi aku sedikit tertarik sih, di bidang ini. Karena apa? Yak! Bisa kerja di media massa, seperti yang kukatakan di atas. Kalo kerja di media elektronik? Hm.. pikir-pikir dulu deh. Masalahnya, aku nggak mau kalo harus nampang di layar televisi buat jadi pembawa acara. Malu booo'! Ngumpulin berita dan bikin artikelnya sih masih mau. Tapi kalo jadi kameramen atau fotografer? Oh.. Aku masih harus belajar ekstra. Soalnya aku nggak bisa broadcasting dan fotografi.

Ohh.. Masuk Desain Komunikasi Visual? Itu lagi.. Gambar aja harus sesuai mood. Otak-atik corel draw aja masih yang dasar-dasar.  Eh, ternyata PTN di Jogja juga belum menyediakan. Kalo kepepet, harus masuk Pendidikan Seni Rupa dulu biar dapet materi ini. Hufftt... Kemampuan gambarku aja masih dikit, masa mau jadi guru gambar? :(

Masuk ke Akuntansi? Pengen sih. Dikit. Abisnya pelajaran ekonomi dulu aja aku malesan, apalagi sekarang yang lebih kompleks. Padahal lulusan jurusan Akuntansi kan banyak yang cari ya. Selama masih ada duit, Akuntansi tetep kepake. Peminatnya juga buanyaaak banget. Coba deh ya, andai aku bisa lolos ke STAN :3

Emang nyusahin ya diriku ini, banyak syaratnya -_- Tapi ya mau gimana. Milih jurusan emang kaya milih jodoh sih. Keinginan harus ada, kemampuan harus bisa. 

Menurutmu, aku harus bagaimana? Kudu piye?

Hmmhh.. Berkali-kali aku menghela napas panjang lho nulis ini. Padahal ya udah disambi nyari-nyari bocoran jurusan kuliah di google. Udah sambil berdoa nyari petunjuk. Tapi harus usaha lagi rupanya, soalnya belum dapet pencerahan padahal udah bayar listrik. Harus tanya ke orang tua, kakek, nenek lagi rupanya, biar diberi restu :'(

Hm, udah ah curhatnya. Bye.


Lajeng, yang dirundung galau.

Komentar

  1. Wah kenapa ya banyak yang memandang sebelah mata sama jurusan sastra? padahal menurut aku itu bagus loh. Kayak mbak Prisca itu lulusan sastra inggris atau rusia ya? *lupa* dia jadi penulis terkenal :')

    Eh, tapi komunikasi juga bagus. Ada peluang untuk bekerja di media kayak ahmad fuadi :) tau kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prisca primasari yang nulis Paris? Wah, dia anak sastra to :o
      Ahmad Fuadi yang nulis Negeri 5 Menara, kan? Iya dia wartawan kan? :D
      Ih jadi tambah galau .-.

      Hapus
  2. Karena hanya kita yang tau dimana kemampuan kita. Gak ada yang bener-bener paham tentang apa yang kita inginkan. Orang lain hanya sebagai penoton dan pemberi komentar. Pinter-pinternya kita aja gimana sih caranya kita mendapatkan apa yang kita cita-citakan tapi juga restu dan komentar yang baik dari orang *apabanget*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bee, bahasa lu tumben formal amat ._.
      Masalahnyaaa.. aku nggak (mungkin, belum) tahu kemampuanku di mana..

      Hapus

Posting Komentar

Berkatalah yang baik atau diam.

Postingan Populer