Mengenal Reportase Lewat 'Pinocchio'

Beberapa bulan yang lalu, jaman ribet-ribetnya belajar buat Ujian Nasional, aku masih aja menerima pelajaran non-UN. Antara sebel-nggak sebel sih. Lha aku kan mau fokus UN, tapi masih diribetin dengan tugas-tugas pelajaran lain. Tapi kalo nggak dapet pelajaran itu ya sayang banget sih. Untung dapet. Tapi ribet kebanyakan tugas. #halah

Jadi ceritanya pada mata pelajaran PKn semester 2 ada materi tentang Pers. Nah, aku 'agak' tertarik nih sama materi ini. Lalu ada seorang kawan satu grupku --waktu itu disuruh presentasi tentang fungsi pers-- yang ngasih info ke aku kalo ada drama korea yang bagus. Aku yang jarang banget-banget nonton drakor ya pasti bereaksi "Ih, apaan sih?" Tapi kawanku yang baik hati itu meyakinkaku dengan sungguh-sungguh dan bersikeras supaya aku nonton drakor tersebut. Judulnya adalah Pinocchio! Kenapa dia kukuh banget maksa aku nonton? Karena ternyata drama ini bercerita tentang seluk-beluk dunia Reporter. Dia peka banget tau aku mau masuk komunikasi :)))


Jadilah aku nonton drama korea, bukannya belajar -_______-

Pinocchio adalah sebuah judul dari serial televisi dari Negeri Ginseng yang disiarkan pada tahun 2014. Serial ini diperankan oleh Park Shin-hye dan Lee Jong-suk. Di Korea, serial ini disiarkan dalam 20 episode dengan durasi kurang lebih satu jam per-episode.


Diceritakan seorang gadis yang bernama Choi In Ha yang merupakan anak broken home yang tinggal bersama Ayah, Kakek, dan 'paman' angkatnya. 'Paman'nya ini seusia dengan In Ha, namanya Choi Dal Po. Tapi karena suatu insiden, Choi Dal Po bisa diangkat jadi paman.

Sejak SMA, Choi In Ha bercita-cita menjadi reporter. Apalagi memang ibunya sudah menjadi reporter terkenal di negara itu. Akhirnya ia belajar keras agar mencapai mimpinya. Namun ia selalu gagal, karena ia adalah seorang penyandang sindrom 'Pinocchio'. Pinocchio --di cerita itu aja yaa-- adalah sebuah sindrom yang membuat penderitanya mengalami cegukan jika ia berbohong.

Tadinya, banyak kantor berita yang menolak menerima In Ha karena anggapan bahwa reporter harus berbohong saat wawancara demi sebuah kebenaran. Choi In Ha yang sialnya nggak bisa bohong jadi gagal terus untuk jadi reporter. Choi In Ha sempat hampir putus asa. Eh, malah si Choi Dal Po ikut-ikutan belajar jurnalistik biar bisa jadi reporter juga.

Sampai akhirnyaaa.. Kantor berita ibunya sendiri, MSC News menerimanya. Mereka menerima In Ha untuk menaikkan rating, karena Pinocchio tak akan berbohong sehingga mereka berharap penonton percaya bahwa berita yang mereka siarkan adalah yang sebenarnya.

Tapi cerita nggak berhenti di sini. Ibunya, Sung Cha-ok ternyata terlilit kasus 13 tahun lalu yang membuatnya harus tersingkir dari jabatannya. Kasus yang juga berhubungan langsung dengan asal-usul Choi Dal Po dan alasan mengapa ia memutuskan untuk turut menjadi reporter.

Pinocchio adalah satu-satunya drama korea yang aku tonton sampai habis! Bukan karena pemainnya yang kece, justru pemainnya nggak kece. Aku nggak suka ah sama Lee Jong-suk, mukanya kelihatan oplas banget -_- Aku tahan nonton karena alur cerita dan pesannya itu dalem banget!

Melalui serial drama ini, kita bakalan ditunjukkin bagaimana reporter bekerja. Dari kegiatan mereka menyiapkan pertanyaan wawancara, lalu mereka ditugaskan untuk cari berita ke seluruh penjuru dunia siang dan malam nggak kenal waktu dan harus selalu punya pulsa :p sampai akhirnya berita mereka disiarkan oleh pembaca berita di TV dan bagaimana respon masyarakat menganggapi berita itu. Tugas mereka nggak gampang lho. Wawancara sama narasumber itu nggak segampang cari info gebetan ke sahabatnya. Dan yang terpenting, berita yang mereka siarkan harus benar-benar sesuai fakta. Semacam ngebahas kode etik wartawan gitu deh.

Aku kasih 4 bintang dari 5 deh buat Pinocchio! TOP banget!

Oh iya, buat kalian-kalian para penonton setia drama korea atau jurnalis atau siapapun deh di muka bumi ini yang kepengen banget nonton drama ini, bisa deh cari-cari dan nonton di Youtube. Ehm, sebenernya denger-denger nih Pinocchio akan ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta kita. Itu lho stasiun yang udah biasa nayangin drama korea. Jadi, semoga aja beneran ditayangin ya soalnya pesan moralnya bagus banget! Semoga nggak PHP.

Selamat menonton! :)

Komentar

  1. lha, kiraiin pinocchio film disney :)

    ho ho ho
    salah fokus saya...

    kalo film korea ga begitu tahu, kecuali suju yang waktu konser rcti pernah nonton di gbk

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkatalah yang baik atau diam.

Postingan Populer