7 Alasan Mengapa Kita Harus Baca Buku

Selamat Hari Buku Nasional!

Hayoo siapa di antara kalian yang semalam mimpi ngelanjutin alur cerita dari buku yang habis kalian baca? Atau apakah ada yang buru-buru bangun karena udah penasaran banget sama kelanjutan cerita? Yap, kalau begitu sama dong :D

Jadi di tanggal 17 Mei kali ini, kembali diperingati Hari Buku Nasional. Uyeeyy! Kamu-kamu yang suka banget baca buku, pasti menyambut baik hari ini. Karena selain kamu bisa memanjakan dirimu dengan membaca buku tentunya, kamu juga bisa ikutan banyak kuis dan giveaway berhadiah buku yang tersebar di berbagai event di media sosial. Iya kan?! Hihi. Aku juga suka gitu soalnya.

Nah, mungkin sebagian di antara kamu ada yang bertanya-tanya. Kenapa kita harus baca buku? Mending tidur aja, nggak rugi apa-apa. Weits, sebelum kamu tidur beneran, mending aku jabarin dulu alasan kenapa kita harus baca buku.


1. Menambah wawasan

Tentu aja kita membaca buku itu supaya pinter, kan? Dengan membaca berbagai jenis dan genre buku, mulai dari komik sampe buku nonfiksi pasti di dalamnya terkandung berjuta-juta pengetahuan yang siap membawa kita menuju dunia yang lebih baik. Jangan salah, komik aja udah bikin kita tambah wawasan lho, nggak harus buku-buku tebel yang ngebawanya aja kita udah keberatan. Dari kisah di dalam komik atau novel, kita bisa mengetahui pengalaman tokoh tersebut, sehingga kita bisa menerapkan sisi positifnya ke dalam kehidupan kita.

2. Memanfaatkan waktu luang

Aku tahu kalau kamu sibuk. Tapi di sela-sela waktu sibukmu itu, kamu pasti masih punya waktu luang, kan? Nah, daripada kamu pakai waktu luangmu dengan hal-hal yang menguras energi dan kantong, mendingan kamu pakai waktumu untuk membaca buku. Mulai sekarang hentikan hobimu yang kebut-kebutan di jalan, atau update status galau, atau malah cuma scrolling timeline mantan. Tolong hentikan. Lebih bermanfaat kamu baca buku daripada baca tweet kode.

3. Bukan hobi yang sangat menguras kantong

Apa? Baca buku juga menguras kantong? Hm, iya sih, kadang-kadang. Bagi sebagian book addict, buku memang merupakan harta karun yang tak ternilai harganya dan mereka rela untuk menukarkan harta, tahta, dan nyawa mereka demi segepok buku. Apalagi kalau sedang tanggal muda, bisa kalap kalau ke toko buku. Tapi, tunggu dulu. Buku nggak harus didapat dengan cara dibeli. Apa guna perpustakaan dong? Sekarang kan sudah banyak perpustakaan dan taman baca di sekitar kita, manfaatkan aja. Biasanya cuma bayar pendaftaran, setelah itu gratis baca buku sesukamu selamanya!

4. Kelihatan pinter

Nggak dipungkiri kalau baca buku bikin kita pinter. Bukan rahasia umum juga kalau baca buku itu bikin kita kelihatan pinter. Iya, kan? Padahal baca buku itu sama sekali nggak susah lho. Tapi saat ini masih aja ada orang yang beranggapan bahwa yang baca buku hanyalah orang-orang pinter. Di sela-sela nganter pacar ke salon, atau di waktu nunggu angkot untuk pulang ke rumah, kita bisa baca buku. Dan pasti, pandangan orang ke kita bakal beda. Tapi ya jangan cuma gaya-gayaan doang baca bukunya. Serius, baca buku itu nggak rugi!

5. Bisa bikin pikiran tenang

Setelah kamu melewati minggu-minggu sibukmu dengan rutinitas yang sumpek, alangkah baiknya kamu nikmati akhir pekanmu dengan membaca buku. Membaca buku bisa menghilangkan stress, terlebih buku-buku ringan seperti novel dan komik. Kita bakal terbawa ke dalam alur cerita sehingga bisa sejenak menenangkan pikiran yang overload.

6. Melatih kesabaran

Kan, banyak tuh, buku-buku yang tebelnya minta ampun?! Nah, para penggila buku pasti sering setelah baca sinopsisnya langsung penasaran gimana ending-nya. Tapi mereka dituntut untuk sabar melewati lembar demi lembar buku, menikmati dari pertama konflik muncul, klimaks, sampai mereda demi tahu ending-nya. Jadi, kalau sering baca buku, kamu pasti jadi pribadi yang tenang dan penyabar.

7. Kelihatan menarik

Poin terakhir ini berasal dari aku sendiri sih. *digetok* Tapi aku yakin beberapa book addict setuju. Apalagi book addict cewek! Kebanyakan dari kami menganggap bahwa cowok yang hobi baca buku itu menarik. *tarik napas* Iya nggak, sih? Soalnya jarang kan cowok hobi baca buku. Sekalinya ada yang hobi baca buku dan selera bacanya sama seperti kami, wah kami langsung gelagapan. Dijamin. Bagi kami, kalian itu... ah sudahlah. Kalau dari pandangan cowok, aku nggak tau deh yaa.. xD

Nah, sebenernya masih banyak manfaat lain dari membaca buku, cuma aku males nulis aja.

Jadi, di Hari Buku Nasional ini kalian sudah baca buku apa? Kalau aku sedang baca buku pelajaran Sejarah nih pantes nggak bisa move on buat berjuang di SBMPTN. Meskipun ada juga curi-curi waktu baca novel, hihi, judulnya Sabtu Bersama Bapak tapi bacanya hari Minggu.

Oke sekian aja. Sekali lagi Selamat Hari Buku Nasional! Yuk, lanjutin lagi baca bukunya! :)

Komentar

  1. 4, hahaha, padahal yang dibaca novel XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, kebanyakan orang yang cuma liat nggak akan tau itu buku yang dibaca tuh novel, komik, atau kamus panduan SMS~

      Hapus
  2. selamat hari buku nasional!
    membaca buku memiliki segudang manfaat. menambah wawasan itu memang pasti...

    BalasHapus
  3. Setuju sama semua poin di atas ^^b

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkatalah yang baik atau diam.

Postingan Populer