Teruntuk Kawan Seperjuanganku

Tahun terakhir di SMA emang beda banget sama tahun-tahun sebelumnya.

Inget nggak kalian? Dulu waktu tahun pertama kita masih kuthul, masih masa orientasi dengan sekolah dan teman-teman, masih alim-alimnya deh. Kita masih jadi anak pendiem. Masih canggung tiap mau nimbrung sama obrolan temen-temen yang lain. Paling pol ya kita ngerumpinya sama temen-temen yang udah kenal dari SMP.

Tahun kedua kita mulai berbaur dengan semua teman. Kita mengenal satu sama lain, bahkan ada yang kenalannya kebablasan sampai cinlok juga. Langgeng yaa kalian :D Tahun kedua inilah kita jadi sering main bareng, ke rumah salah satu temen bareng.. Sampai acara layatan pun dijadiin agenda main. -_-


Tahun ketiga atau tahun terakhir, kita sama-sama sibuk, pusing, laper, lelah karena ngejar materi dan belajar sampe pagi padahal ada jadwal ngenol. Huft. Pulang dari sekolah waktunya udah sore gara-gara ada jam tambahan, atau yang biasa kita sebut nyongo (jam ke sembilan. Sembilan=songo.) Padahal abis itu kita masih ada jadwal les di luar sampe malem. Belum lagi tugas dan PR dari guru. *sigh*

Tahun ketiga kita udah mulai memikirkan masa depan, kita akan ngelanjutin ke mana? Kerja dulu atau terus menuntut ilmu? Mau ambil jurusan di PTN, PTS, atau PTK? Kita kelimpungan bareng-bareng. Tiap hari nggak ada waktu tanpa sharing tentang jurusan ini itu dan searching di google. Tiap ada faculty fair kita berusaha dateng dan ngeborong brosur sebanyak mungkin. Mikir sampe pusing tiap malem, nyoba istikharah tapi ga apal doanya. Semua dilakukan biar kita bisa menentukan 1 bidang yang akan kita tekuni di masa depan.

Tahu nggak? Kita itu sebenernya sangat amat terlambat kalo baru memikirkan cita-cita sekarang. Sebenarnya cita-cita tidak untuk dipikirkan, tapi untuk diraih. Dan khusus untuk cita-cita, seharusnya tidak ada kata terlambat. Jadi kalau kamu masih ngaku nggak punya cita-cita, ayo mulai dipikirkan! Tengok ke dalam jurang hatimu yang terdalam, kamu pengen berguna sebagai apa dan menghasilkan apa untuk masyarakat. Tengok lingkunganmu, kegiatan yang menjadi hobimu, dan hal apa yang akan terus ingin kamu tekuni tanpa ada kata bosan.

Kalo lagi ngobrol tentang jurusan kuliah, pekerjaan, dan masa depan gini aku sering terharu. :') Aku berandai-andai 10 tahun lagi kita akan reunian dan bercerita kalo kita udah berhasil sesuai apa yang kita impikan. Kita berhasil dengan usaha kita sendiri, tenaga kita sendiri, dan itu berbuah manfaat untuk orang banyak. Kita akan saling mengenang masa di mana kita harus memilih di satu titik hidup kita yang akan menentukan apa yang akan kita jalani untuk seumur hidup.

Kita susah bareng, laper bareng, lelah bareng. Dan suatu hari nanti kita akan sukses bareng :'D

Semangat kawan-kawan!


Lajeng. Kawanmu~

Komentar

Postingan Populer