Butuh Bacaan!

Akhir-akhir ini aku lagi kepingin baca banyak buku. Buku yang kumaksud di sini tentu saja novel dan sejenisnya, ya, bukan buku pelajaran ._. Aku sadar kok kalo aku sudah menginjak kelas 12 SMA. Tapi... jujur aja, aku belum siap mental menghadapi UN. Rasanya aku nggak rela kalo liburan kali ini dipake untuk mempelajari materi kelas 12. Mungkin nanti... Hm.. *tunda terus*

Liburan kali ini aku hanya ingin membaca banyak novel. Di rumah, lagi ada 2 novel nganggur belum tersentuh. The Cuckoo's Calling karya Robert Galbraith a.k.a JK Rowling dan Second Life of the Honest Man karya John Cameron. Untuk yang terakhir tadi itu adalah novel berbahasa Inggris. Ini kali pertama aku membaca novel berbahasa asing. Eh ralat, aku belum membacanya, ding. ._.v Aku dapetin novel itu gratis, lho. Gara-gara Giveaway di Goodreads. Hihi.. Pernah aku bahas di sini.

Minggu lalu, akhirnya aku pergi ke perpustakaan daerah untuk meminjam novel, berhubung aku pengen baca tapi nggak mood meneruskan kedua novel tadi. Akhirnya, aku pinjam Rumah Kaca karya Pram. Beberapa waktu lalu, aku pernah baca 2 seri Tetralogi Buru yang lain yaitu Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa. Jejak Langkah belum aku temukan karena nggak ada yang meminjami *ups* Tapi ternyata aku hanya mentok di halaman 130 dari 500-an halaman yang ada. Aku kesulitan memahami jalan ceritanya, dan waktu yang kubutuhkan kurang untuk menamatkannya (perpusda hanya memberi 1 minggu sekali pinjam). Rasa-rasanya, Rumah Kaca nggak memiliki ikatan dengan 2 seri pertama yang aku baca. Entahlah, mungkin karena sudut pandang yang berbeda dan porsi Minke yang sedikit.

Setelah kukembalikan, aku meminjam buku lain. Supernova #4: Partikel karya Dee. Aku udah lamaaaa pengen baca serial Supernova ini, tapi baru punya kesempatan sekarang, itu pun dimulai dari seri yang keempat. Tidak apa-apalah.

Tadinya, aku beranggapan bahwa Supernova adalah novel dengan tema cinta seperti novel Dee yang berjudul Perahu Kertas. Jujur saja, aku nggak membaca sinopsis di kaver belakang novel saat meminjam. Aku cuma memiliki intuisi bahwa novel itu bagus *ceilah bahasa gue* karena sering dibicarakan di twitter.

Selesai dengan Partikel, aku terpukau... Haha, lebay banget. Tapi, beneran. Jarang aku nemu novel seperti ini ditulis oleh penulis Indonesia. Aku kesulitan menentukan temanya, mungkin science-fiction, supranatural, atau mungkin spiritual (?). Gaya tulisan Dee yang jelas dan tidak bertele-tele menghanyutkanku. Aku jadi nggak sabar untuk melanjutkan ke seri Supernova selanjutnya!

Di sela-sela kegiatan baca novel, aku merenung. Aku sadar pilihan bacaanku akhir-akhir ini berbelok arah. Biasanya, aku hanya membaca novel-novel lokal bertema percintaan remaja. Beberapa novel remaja berjejer memenuhi rak di rumah. Aku suka tema ini karena ini termasuk bacaan ringan. Kisahnya seputar kehidupan remaja sehari-hari. Namun kini diriku bosan. Novel cinta selalu berputar-putar pada hal yang itu-itu saja. Hanya berbeda bingkai. Novel cinta juga kebanyakan happy ending. Membuat kita selalu mengimpi-impikan mendapat nasib seperti tokoh tersebut. Tema cinta menjadi sangat membosankan, terlalu dangkal.

Aku pernah mencoba menjajal tema lain seperti fantasi. Tapi, aku beranggapan cuma ada satu novel fantasi yang paling luar biasa: Harry Potter. Selain itu, aku nggak pernah tertarik. Baca Percy Jackson aja cuma bisa yang seri ketiga.

Tema lain seperti detektif pernah aku coba baca, seperti novel Sherlock Holmes dan komik Detective Conan. Tapi, rupanya aku cuma bisa kebingungan dengan setiap kode yang ada di petualangannya. Biasanya, aku baru bisa mengerti kisahnya jika sudah dibuat tampilan visual atau film. Padahal seharusnya, cerita dalam bentuk teks lebih bisa dimengerti, ya.. Hm..

Akhirnya aku menjajal tema fiksi ilmiah. Menurutku ini tema yang unik. Memadukan iptek dengan sedikit fantasi. Aku jadi pengen menyelami tema ini sekarang! Novel sci-fi pertama yang kubaca itu The Hunger Games. Keren banget, bro!

Jadi, apa kalian bersedia memberiku rekomendasi novel yang asyik? :-)

Komentar

  1. Wow, setuju bingit bahwa trilogi The Hunger Games itu keren :D btw... sama nih sy udah beli The Cuckoo's Calling tapi sampe sekarang belum tersentuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya :D Nunggu-nunggu banget nih film Mockingjay bagian pertama besok November. Huaa, kok lama, sih? ._.
      Eh, padahal The Cuckoo's Calling yang seri kedua udah terbit lho. Apa ya judulnya? Lupa --" Eh, malah yang seri pertama aja belum kebaca u,u

      Hapus
  2. cuckoos calling bagus kok. gua udah baca. memang rada tebel sih. haha. tapi seru. karna gua emang suka genre detektif.
    buku bacaan gua juga berubah-ubah, tapi setidaknya gua sudah mulai berhenti membaca novel tentang masa sma. terlalu monoton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Novel berlatar SMA biasanya isinya gitu-gitu mulu..

      Hapus
  3. coba nonton sherlock tv series yang bbc
    bagus mbak
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, di TV-ku nggak ada channel itu :D Tapi aku beberapa kali nonton film Sherlock Holmes (aku punya di laptop & aku tonton berulang-ulang) :D Bagus, sih.

      Hapus

Posting Komentar

Berkatalah yang baik atau diam.

Postingan Populer