Akibat Penundaan

Selamat malam para pembaca setia.

*krik*
*hening*
*nggak ada pembaca setia*



Beberapa hari ini, aku nggak nulis di blog, nih. Maaf ya :( Soalnya aku lagi UKK.
*so what?*
*padahal main twitter*


Aku mau cerita. Aku kemarin Kamis UKK Matematika. Jadwalnya sih Matematika sama Seni Budaya, tapi Seni Budaya cuma ngumpulin tugas aja jadi bisa pulang duluan \^^/

Tapi ternyata aku nggak bisa pulang duluan -.-

Lu ngapain? Dihadang penjaga kantin karena ngutang?

Bukan, oy! Lebih parah dari itu. Aku remidi ulangan harian PKn.

Oh. Ya, terus? Bukannya udah biasa?


Sialan.
*backsound lagu The Rain - Terlatih Patah Hati*
*tapi liriknya diganti : Dapet nilai yang pas-pasan, sudah biasa. Remidi tiap ulangan, sudah biasa~*
xD


Jadi gini.
Beberapa hari lalu, aku diminta -lebih tepatnya dipaksa, sih- untuk ikut lomba cerdas cermat koperasi. Aku anak polos bendahara koperasi yang nggak tahu menahu seluk beluk koperasi, yang cuma ikut ekskul koperasi karena males sama ekskul yang lain, dipilih kawanku untuk ikut lomba cerdas cermat. Padahal aku nggak cerdas, apalagi cermat. Aku belum pernah ikut gituan.. Nggak punya pengalaman, dan nggak pede di depan orang banyak.

Tapi aku tetep terima sih. Yah, coba-coba aja. Buat pengalaman gituh. Bertiga, sama temenku dan adik kelasku. Lumayan kan kalo berhasil, aku bisa ngerasain pertama kalinya pegang piala, yah walaupun buat bertiga. Lumayan juga kalo dapet sertifikat, terus bisa dipake tambahan nilai pas daftar PTN. *btw, emang bisa?*

Akhirnya aku dikasih tau apa materi yang diujikan di lomba yang akan digelar tanggal 31 Mei. Dan, wow. Banyak. Banget. Materinya tentang UU Koperasi. Mampus gue. Masalahnya aku nggak bisa -nggak ahli- masalah hafal-menghafal. Berapa lapis? Ratuuusaan!

Aku selalu bersembunyi di balik topeng ANAK IPA kalo ditantang menghafal. Anak IPA (biasanya) identik dengan nggak begitu mahir masalah hafalan, tapi jago kalo bidang hitungan. Nah, masalahnya aku salah persembunyian. Aku nggak bisa menghafal, nggak bisa menghitung juga --" Aku memang kacau.

Akhirnya, semalam sebelumnya, materi menghafal UU yang bikin mata jadi merah itu kita bagi tiga. Tapi tetep semuanya harus dipelajari. Dan apakah aku berhasil menghafalkannya? Tentu saja tidak. Apalagi menghafalnya dadakan. Mana bisa. Apalagi sebelum itu aku didera ulangan harian bertubi-tubi karena udah deket sama UKK. Sama sekali nggak konsen menghafal UU.

Dan parahnya lagi, pada hari Minggu kuturut Ayah ke kota di mana lomba cerdas cermat dilaksanakan, aku harusnya ada ulangan harian PKn. Dan itu  materinya lumayan sama kaya materi lomba, sama-sama bikin pening. Ulangan PKn itu berarti harus menghafalkan setiap materi, setiap kalimat, setiap kata, bahkan titik koma dan harokatnya (?) untuk bisa dapet nilai tinggi. Dan Alhmadulilah, aku selalu berhasil melewatinya.

Tapi karena dapet tugas buat ikut lomba, aku jadi ijin sehari nggak ikut pelajaran. Dan otomatis aku nggak ikut ulangan harian. Otomatis juga aku nggak belajar.

Di sinilah awal penderitaanku benar-benar dimulai *sebenernya dari tadi sih*.

Setelah semalaman mencoba menghafal plus bangun sebelum subuh buat mencoba menghafal lagi, akhirnya aku cuma berhasil hafal satu per sepuluhnya aja -_- Nggak banget emang. Langsung deh aku berangkat ke sekolah, takut telat. Eh, ternyata pada belum dateng.

Akhirnya pukur 7 setelah semua datang dan pembina juga siap, kami bertandang ke Pemda, tempat dilaksanakannya lomba. Dan kalian tahu apa yang terjadi??

Penjaga di sana bilang kalo lombanya ditunda. Lombanya ditunda. Ditunda. DITUNDA. *emang sengaja diulang biar dramatis* Katanya pemberitahuan sudah diantar tadi pagi. Sudah diantar dan kami nggak tahu, men! Dan aku udah nggak mau tahu lagi ditunda sampe kapan. Aku udah mutung, kagol. Entah kedua kata itu maknanya apa kalo ditranslate ke bahasa Indonesia..

Aku kembali ke sekolah dan DOR! Kalo aku masuk kelas, berarti aku ikut ulangan PKn. Padahal aku belum belajar sama sekali. Ooohhh...

Akhirnya aku bolos jam sebelum pelajaran PKn buat belajar dulu, mumpung surat ijin masih ada. Hihi curang banget. Padahal materi PKn itu ya, njelimet banget buat diapalin. Harus perkata. Aku mencoba sekuat tenagaku untuk menghafal, ditemani kawanku yang ikutan bolos xD

Dan tibalah waktu ulangan harian...
Aku bisa ngerjain sebagian besar, alhamdulilah! Tapi aku gagal total di nomor terakhir. Dan aku akhirnya harus remidi. Remidi. Ngulang ulangan. Sendirian. Asdfghjkl

Akhirnya aku mendekam di kantor guru seusai UKK Matematika hari Kamis lalu demi memperbaiki nilaiku. Hm..

Semua ini gara-gara lomba cerdas-cermat yang ditunda. Mana tahu kan kalo bakal ditunda. Ahh, jengkel banget rasanya.

Tapi aku mencoba sadar bahwa setiap kejadian ada hikmahnya. Setiap yang diturunkan Allah pasti ada manfaatnya.

Dan aku belajar dari kejadian ini, bahwa seharusnya aku harus rajin belajar sebagai pelajar. Harus belajar dari jauh-jauh hari sebelum ulangan. Jadi kalo ada ulangan dadakan nggak akan kaget. Kalo aku belajar PKn jauh-jauh hari, pasti aku nggak akan remidi meski udah ditambah hafalan materi untuk lomba.

Jangan pernah nunda pekerjaan. Karena kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi esok hari.

Sekian ceritaku kali ini. Semoga kalian dapat mengambil hikmahnya. See you!

Komentar

  1. Hahaha
    remidi pkn, sudah biasaaa =)

    BalasHapus
  2. Haha PKn sama Jeng, kudu sama kaya buku, padahal aku pelupa, nilai tertinggi aja 85, biasanya remed :( hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan guru kita sama '-'
      Tapi kok aku lebih bisa hafalan pkn daripada biolog yai :(

      Hapus

Posting Komentar

Berkatalah yang baik atau diam.

Postingan Populer