Kecintaanku Terhadap Buku

Selamat pagi!

Selamat Hari Buku Nasional!
Oke, sebenernya aku tau kalo aku telat. Hari Buku Nasional udah dirayain kemarin, 17 Mei. Tapi berhubung baru sempet nyantol ke internet sekarang, jadi nggak apa-apa ya telat dikit.. Cuma telat 9 jam dari tanggal 17 kok :p

Tapi sebenernya di dalam hatimu kamu nyalahin aku kalo telat ngucapin selamat Hari Buku Nasional nggak, sih? Atau sebenernya kamu lupa kalo kemarin itu Hari Buku Nasional? Atau jangan-jangan kamu malah nggak tahu kalo kemarin itu adalah Hari Buku Nasional? Ya ampun, masa nggak tahu? Oke, aku kasih tahu aja. Hari Buku Nasional Indonesia dirayakan setiap tanggal 17 Mei setiap tahun. Awalnya, pada 17 Mei 1980 Perpustakaan Nasional di Jakarta sana mencanangkan tanggal tersebut sebagai Hari Buku Nasional. Biar apa? Biar masyarakat Indonesia nggak kudet dan suka baca buku, dong! Eh, tapi kenapa disebutnya Hari Buku Nasional, ya? Kenapa bukan Tanggal Buku Nasional? Nggak penting juga kali, ya.. :p

Tapi rupanya tujuan yang diharapkan dari penetapan Hari Buku Nasional belum sepenuhnya terlaksana. Buktinya :
1. Masih banyak orang yang nggak suka baca buku
Sebagai pelajar, tugasku nggak susah-susah amat sebenernya. Cuma belajar dan baca buku. Wajib baca buku pelajaran biar bisa nyantol kalo guru lagi ngejelasin pelajaran di depan kelas. Tapi aku sih masih susah kalo disuruh rutin baca buku pelajaran. Paling pol ya baca buku pelajaran kalo mau ulangan aja *ups ._.
Taaapiiii.. Kalo baca novel aku suka banget! Bisa nih cek akun goodreads-ku. Emang sih belum banyak buku novel yang kubaca, tapi pasti ada perasaan bahagia gitu tiap baca novel :D Ada rasa bahagia saat melahap kata demi kata di novel yang aku pegang, pegangnya aja harus hati-hati, takut rusak.. Dan aku nggak mau cuma sekadar menikmati kata-kata di buku orang, aku harus bisa merangkai kata-kataku sendiri :')

Kalo aku baca buku pelajaran masih susah tapi kalo baca novel gampang, ada juga temen-temenku yang baca novel aja males. Padahal kan ya baca novel itu seru. Bisa menyelami kehidupan orang lain, ngambil hikmah di setiap kisah.. Seru banget, kan? Tapi masih aja ada yang nggak suka baca..

Ada juga beberapa orang tua temen-temenku yang nggak ngebolehin anaknya baca novel (termasuk nenek-kakekku) -_- Lho, apa salah kami? Membaca kan bagus. -_- Tiap aku pegang novel, aku selalu dimarahin. Terus disuruh belajar. Yaaa ampun, aku kan lagi belajar juga lewat baca novel! Kalo baca novel aja dilarang-larang, terus anaknya malah jadi nggak suka baca, lha gimana mau rajin belajar? Belajar kan bisa lewat baca.. Lha kalo baca yang ringan-ringan kaya novel aja nggak boleh, gimana bisa suka belajar buku pengetahuan? Sumpah aku jengkel sama pola pikir orang kaya gitu. Alhasil kalo baca novel aku harus sembunyi-sembunyi dari kakek-nenek -_- Nyatanya, baca novel udah kulakukan dari SD dan nggak bikin nilaiku jadi turun kok ._.

2. Nggak ada toko buku
Oh em ji heloooooow! Di daerahmu nggak ada toko buku?

Sama!

Di daerahku, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, DIY, nggak ada toko buku. Sungguh merana sekali diriku.. Di kecamatan sebelah ada, sih, toko buku. Tapi buku yang dijual cuma buku pelajaran sama buku umum gitu -_- Malesin banget. Kalo mau beli novel aku harus merantau ke kabupaten sebelah dulu, baru bisa dapet.

Kalo perpustakaan ada nggak?
Nggak. Adanya di kecamatan sebelah. Itupun ribet pendaftarannya, aku jadi males bikin kartu anggota -_-

Kalo taman bacaan?
Dulu sih ada.. Tapi sekarang menyublim. Aku nggak tahu kenapa sekarang udah tutup..

Oh, Tuhan.. Kenapa kecamatanku miskin tempat baca buku?

3. Harga buku mahal
Heran, harga buku sekarang masih mahal aja. Kalo mau beli buku aku harus puasa berhari-hari dulu, terus nabung dari uang jajan, terus berangkat deh ke kabupaten sebelah buat beli buku. Itu pun harus pake bensin! Kebayang betapa berat perjuangan diriku buat ngedapetin buku doang! Apalagi kalo bukunya terbitan penerbit bagus, tambah mahal. Apalagi kalo bukunya terjemahan, tambah mencekik. -_-

Padahal, udah ada pihak yang berani menetapkan Hari Buku Nasional. Tapi fasilitasnya aja kurang. Harga buku mahal, toko buku nggak ada..

Harapanku sih, di setiap kecamatan ada gitu toko buku :3 Yaaa, minimal taman bacaan/perpustakaanlah, biar semua orang tahu bahwa baca buku itu asyik! Baca buku nggak cuma saat ada tugas doang.

Ada banyak nilai yang bisa kita petik dari buku tersebut. Buku itu banyak manfaatnya. Satu buku bisa kita baca ribuan kali, oleh ribuan orang, dan kita kalo minjemin buku bisa dapet ribuan pahala! Enak banget, kan, bagi-bagi ilmu.

Mungkin segini dulu aja ocehanku tentang buku.. Di akhir tulisan ini, aku mau pamerin sedikit koleksi novelku. Eh, tapi itu belum semua. Ada beberapa yang dipinjem temen.
http://instagram.com/lajengpadma
Ada yang bersedia menambah koleksi novelku?

Komentar

  1. 1. Pas masih sekolah/kuliah saya seneng juga baca novel. Sekarang masih pingin sih, tapi nggak waktu luang untuk membaca terbatas, hahaha. Alhasil sekarang saya klo baca buku pas lagi "semedi" di kamar kecil. Itu pun kadang diselingi koran.

    2. Kayaknya klo dirimu mau ke toko buku harus nyebrang satu kabupaten + satu kotamadya ya? Memang kebanyakan toko2 buku adanya di ibukota propinsi. Itu karena masalah distribusi.

    3. Saya nyambi kerja di penerbitan, jadi tahu lah seluk-beluk buku. Umumnya harga buku itu 45% adalah milik penerbit dan 55% milik distributor. Distributor ini menyebar buku-buku ke jaringan toko buku. Jadi kalau mau murah, mending beli ke penerbit langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha semedi! xD Tapi ati2 lho, kalo terlalu seru baca buku, ntar malah pegel ._.

      Oh iya2, susah juga ya kalo harus distribusi buku ke pelosok gitu ._.

      Wih, kerja di penerbitan?! Seru kayanya :D Ohhh, oke besok beli di penerbit aja xD

      Hapus
  2. ya ampun kayaknya berat banget perjuangan kamu untuk membeli novel ._. kalau ribet, mending beli online aja. Aku juga sering beli di olshop kalau novel yang aku cari nggak ada di toko buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo beli online aku kurang begitu suka. Karena pertama, males masalah ongkir xD, yang kedua, kalo buku sampe di rumah, pasti nenek tau terus aku dimarahin -_-"

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkatalah yang baik atau diam.

Postingan Populer