First Post in 2014! #BaliTour

Hai, hai, hai.... :D
Ketemu lagi dengan saya Lajeng Padmaratri. Semoga nggak bosen baca postingan saya ya ^^
Sumpah rasanya nggak blogging hampir sebulan itu kaya kudet. Saya lagi sibuk sama sekolah dan baca novel jadinya nggak bisa ngepost. :p
Oh iya, ini posting pertama saya di tahun 2014! Telat banget ya? Sebenernya pas tahun baru itu mau bikin postingan, tapi nggak ada ide mau ngapain --"
Ngomong-ngomong soal novel, saya lagi ikutan 2014 Reading Challenge di Goodreads. Saya sih sebenernya nggak ngerti kalo ikutan itu bakal kaya gimana, cuma saya cari pengalaman aja ikut-ikutan. Itung-itung buat bikin target bacaan setahun :D Ada yang punya rekomendasi novel bagus? Bisa tinggalkan saran di komentar ya, supaya ranah bacaan saya melebar, nggak cuma di novel fantasi aja :D Terima kasih sebelumnya!
Kali ini saya mau cerita liburan semesteran kemarin. Maklum, saya kan masih muda, masih pelajar :D
Akhir liburan semester kemarin saya ikut kegiatan Study Tour sekolah saya ke Bali! Bali, bro, Bali! \^^/ Buat yang belum pernah ke Pulau Dewata, pasti pengeeeeen banget kan menginjakkan kaki di sana? Saya juga! Baru pertama kali kemarin saya pergi ke Bali. Mumpung sekolah lagi ngadain study tour, ya saya ngikut aja cari pengalaman. Soalnya kalo nggak ngikut kayanya nggak akan bisa ke Bali *hiks*. Cuma perjalanannya aja yang bikin encok. Sepanjang Jogja-Bali duduk di bus. Capek duduk x_X
Tapiiii, kalo udah nyampe Bali, semua rasa capek terbayar! Bali bagus banget rupanya! Sayang aku cuma punya kamera HP untuk mengabadikan momen-momen keren, itupun kalo baterainya sanggup... --"
Aku ke Bali nggak cuma naik bus, tapi juga ditambah naik kapal buat menyeberangi Selat Bali. Itu juga pertama kalinya aku naik kapal! Aku minim pengalaman sekali -_- Untung nggak mabuk. Sayangnya aku nggak sempet ngambil gambar waktu nyeberang ke Bali malem-malem. Terlalu excited!
Hari pertama touring di Bali aku langsung menuju Pura Tanah Lot. Di sini aku nggak terlalu merhatiin kios-kios penjual yang ada di pinggiran jalan, soalnya lebih fokus ke menghindar menginjak sesajen. Banyak banget sesajen di Bali. Harus hati-hati dalam melangkah!
Itu Pura Tanah Lot di pinggir laut, bukan di pantai!

Aku nggak tau ini bangunan apa yang di pantai, tapi kayanya Pura juga deh..
Tanah Lot keren banget! Sayangnya aku ke sana siang pas panas-panasnya, jadi nggak kuat lama-lama di pantai. Udah biasa kepanasan jadi nggak butuh berjemur~ Kalo ke sana sih harusnya ke Pura-nya juga. Tapi kemarin aku enggak, soalnya takut kebasahan dan takut ngelewatin ular putihnya --" Kalo udah sampe Pura-nya, nanti dipercik air suci terus di dahi ditempelin beras ;) Tapi buat kamu kaum hawa yang kedatangan tamu dari bulan, ada larangan untuk nggak boleh masuk ke tempat ular suci dan Pura.
Setelah Tanah Lot, aku menuju Tanjung Benoa. Nah, Tanjung Benoa kan ada di Nusa Dua, aku ke sana lewat tol. Tol ini baruuuu aja dibangun dan diresmikan September 2013 lalu. Uniknya, sebagian besar tol ini berada di atas laut.
Ini pintu masuk Tol Bali Mandara.

Pinggir itu air!

Keren awannya (?)

Penampakan tol yang bertumpuk-tumpuk (y)

Bawahnya air, bro!
Keren gilaaaaa!!! Sumpah, aku pengen lewat tol itu lagi! Suatu saat aku bakal ke sana lagi! Ada yang mau ngajak? :))
Nyampe di Tanjung Benoa, aku naik Glass Boat ke penangkaran penyu. Namanya aja penangkaran penyu, padahal hewan di sana nggak cuma penyu. Ada burung, ular, iguana, kelelawar..
Boleh angkat penyu juga!

Diambil dari perahu pas balik dari penangkaran.
Abis dari Tanjung Benoa, saya meluncur ke Garuda Wisnu Kencana (GWK). GWK itu komplek patung-patung Dewa Wisnu yang (konon) naik garuda sebagai kendaraannya. Patung-patung di sini belum 100% jadi, masih kira-kira 20%. Yang udah berdiri aja baru patung Wisnu sampe dada, patung kepala garuda, dan patung potongan tangan Wisnu. Suatu hari nanti aku bakal ke sana lagi buat lihat semua patung yang udah jadi! Di komplek GWK ada sebuah replika patung yang udah jadi. Terus ada juga kaya beranda gitu, namanya Bale Bengong. Kita bisa ngeliat pemandangan, bisa ngeliat laut juga! :O Terus di GWK kita bisa berdoa sesuai kepercayaan masing-masing di tempat yang sudah disediakan, katanya doanya bakal terkabul. Abis berdoa nanti dipercik air suci terus dahinya dikasih beras, kaya di Pura.

Patung Wisnu

Replika patung yang udah jadi 100%.

Pemandangan yang bisa kalian lihat dari Bale Bengong. Keren kalo ngeliat langsung, sih.

Kayanya ini patung kepala garuda-nya

Di sisi lain komplek patung ada tanah lapang yang dikelilingi tebing-tebing gitu. Keren, deh!
GWK keren banget pokoknya! Aku pengen ke sana lagi! Ayo, ajak aku! :D
Hari pertama di Bali ditutup dengan cari oleh-oleh ke pusat oleh-oleh terbesar di Bali yaitu Krisna. Krisna itu luaaaasss banget! Bakalan capek kalo harus beli tiap jenis barang satu persatu. Di sini ada kaos, kain, gantungan kunci, makanan, dan banyaaaakkk souvenir khas Bali lainnya. Saya bukannya iklan atau gimana (eh, tapi emang iklan), tapi emang Krisna ini harus dikunjungi buat para wisatawan soalnya di sini apa aja ada.

Nah, masuk hari kedua di Bali diawali dengan kunjungan ke Pabrik Teh Sosro di Gianyar. Di pabrik ini, kita akan diberi penjelasan tentang sejarah berdirinya perusahaan dan informasi mengenai pembuatan teh sosro. Kita juga bisa lihat langsung proses pembuatan teh sosro di sini. Selain itu kita bakal dapet teh botol sosro gratis atau buat kamu yang pengen bawa pulang buat oleh-oleh bisa beli teh di sini dengan harga yang lebih murah! (Udah kaya bintang iklan aja gue --")

Ayo, cari sosro gratis!
Setelah puas minum teh sosro gratis, saya meluncur ke pusat oleh-oleh makanan khas Bali yang dijamin halal yaitu Kacang Bali. Toko Kacang Bali memang ruangannya nggak seluas di Krisna, antrian bayar kasirnya juga panjaaang banget saking ramenya, tapi lumayanlah buat tambah oleh-oleh. Selesai ngabisin duit di Kacang Bali, dilanjut nonton Tari Barong dan Keris. Pertunjukan ini gabungan dari tari dan lawakan gitu, deh. Saya sebenernya agak nggak ngerti jalan ceritanya, tapi ada selebaran yang dibagi ke penonton oleh petugas yang lumayan membantu juga, sih.


Setelah nonton Barong, saya meluncur ke Pantai Kuta! Nggak sabar banget pengen liat kaya apa sih Pantai Kuta sebenernya?! Kok terkenal banget sampe ke luar negeri dan banyak didatengin wisatawan. Sampe di Kuta, saya cuma bengong. Saya nggak ngerti apa bagusnya Kuta. Well, mungkin emang jam kunjung saya yang salah. Saya dateng ke Kuta jam setengah lima sore dan itu masih panas-panasnya. Yang bisa saya lihat di Pantai Kuta cuma matahari yang terik banget, orang-orang berjemur banyak banget, dan sampah-sampah yang juga banyak banget! Mungkin keindahan Kuta emang cuma terlihat waktu sunset kali, ya?

Sampahnya! -_-
Saya di Pantai Kuta nggak lama. Nggak kuat sama panas yang membakar banget. Abis itu saya meluncur ke Pabrik Kata-Kata, Joger. Buat kamu yang masih kelebihan duit dan pengen nyari barang yang unik bin kreatif karya anak Bali, mending ke situ! Dijamin bakalan bingung mau milih barang yang mana. Emang sih, harganya mahal, tapi terbayar deh sama model barang yang unik! Tapi mending kamu jangan beli barang banyak-banyak di Joger, soalnya Joger itu Jelek, karena yang Bagus itu Bali! :D

Patung monyet di Sangeh
Hari ketiga atau terakhir di Bali, saya cuma mengunjungi satu obyek wisata yaitu Hutan Pala Sangeh. Di sini ada banyaaaaakk monyet. Jadi kalo mau silaturahmi sama keluarga jauh, bisaaa :D Selain itu ada Pohon Lanang Wadon yang terkenal. Katanya kalo dilihat dari depan bisa nampak 'cowok' tapi kalo dari samping bisa nampak 'cewek'. Eh, bener nggak ya? Apa kebalik?! --' Cek sendiri aja ke sana yak! :D
Selesai silaturahmi, selesai pula kunjungan saya di Pulau Dewata ini. Hiks! Belum puas sebenarnya. Masih banyak banget tempat wisata yang belum saya kunjungi. Saya belum ke Bedugul, belum ke Ubud, belum liat Tari Kecak langsung.. Hikss! Tapi suatu saat saya akan ke Bali lagi. Mungkin bersama kalian? :) Atau bersama suami? :)) #eaaaa
Sekian aja deh cerita saya kali ini. Sekarang gantian kamu yang cerita :D

Pulau Jawa udah keliatan dari atas kapal penyeberangan. Btw, itu gunung apa, ya?

Komentar

  1. Wah enak ya mbak.. ngomong-ngomong di Bali ketemu Bule gak.. saya ingin ke Bali.. pengen tau, dari foto yang mbak ambil bagus-bagus mbak.. saya pengen liat langsung hehe

    BalasHapus
  2. Hai Fauzi :D Wah, ya ketemu dong. Di sepanjang tempat wisata di Bali pasti ada Bule. Apalagi di Kuta. Beh.. Menjamur!
    Wah, terima kasih ^^ Padahal ambil fotonya cuma pakai kamera HP loh hihi..
    Ayo, kalo ada kesempatan jalan-jalan ke Bali! Nggak akan menyesal soalnya bagus banget :D

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkatalah yang baik atau diam.

Postingan Populer